Sunday 22 November 2015

Sejarah Terciptanya Keyboard dan Susunan Abjadnya

Keyboard? Hmm di era modern seperti saat ini, pasti sudah sering menggunakan keyboard. Baik berupa tombol (perangkat keras/hardware) maupun berupa program (aplikasi/perangkat lunak/software). Bahkan banyak juga yang menggunakan keyboard setiap hari baik untuk sekedar mengetik pesan singkat, mengetik tugas, bermain game, maupun yang mengetik sebuah artikel untuk diposting ke BLOG, seperti saya ini. Hahahah :D


Banyak dari kita yang sering menggunakan keyboard namun tak mengetahui sejarah terciptanya keyboard tersebut, siapa penemunya dan juga kenapa abjadnya tidak berurutan. Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan pertanyaan yang muncul dalam benak kalian para pembaca, saya akan menjelaskan satu persatu supaya pertanyaan tersebut tidak menghantui pemikiran para pembaca :D kalau kepikiran nanti baper loh :D :V

Oke berikut penjelasannya.

Apakah keyboard itu?


Keyboard adalah merupakan sebuah alat input yang digunakan untuk mengetik informasi kedalam  kedalam komputer.

Bagaimana Sejarah Terciptanya Keyboard Tersebut?

Penciptaan keyboard diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.



Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
 
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.

 

Bagaimanakah Susunan Tombol Pada Sebuah Keyboard?

Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :

A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.  

E. Command Keys
F. Special Keys
G. Windows Keys
H. Punctuation Keys
I. Navigasi
J. Entern atau Return Key



Selain itu pada tombol keyboard juga terdapat beberapa spesial key bila dua atau tiga tombol dikobinasi dan dipencet bersamaan. Contohnya:
Ctrl + C : Copy
Ctrl + X : Cut
Ctrl + V : Paste
Ctrl + N : New/Halaman Baru
Ctrl + P : Print
Ctrl + H : Help/Bantuan
Windows + E : Windows Explorer
dan masih banyak lagi.

Mengapa Tombol Di Keyboard Tidak Berurutan?

Tak pernahkah terlintas dibenak Anda, mengapa tombol di keyboard tersebut tidak berurutan? Jika iya, maka inilah jalan jawaban dari masalah sobat.

Abjad keyboard dibuat acak-acakan tentu melalui beberapa sejarah. 
Simak penjelasan berikut untuk dapat memahami dengan baik.

Keyboard muncul pertama kali masih dalam bentuk mesin ketik pada tahun 1868 yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes. Mesin ketik yang diciptakan pertama kali itu masih sangat sederhana. Masih memakai tangkai sehingga ketika ditekan tangkai tersebut akan bergerak dan akan mencetak huruf pada kertas yang sudah disediakan.

Pada saat itu Christopher menciptakannya masih urut sesuai abjad ABCD dan bukan seperti keyboard QWERTY jaman sekarang. Dengan susunan yang sesuai abjad tersebut memang hasil ketikan menjadi lebih cepat dan lebih mudah karena memang orang sudah hafal letak huruf-huruf sesuai abjad.

Namun di sinilah muncul masalah baru, mesin ketik yang masih menggunakan tangkai tersebut seringkali macet gara-gara orang dapat mengetik terlalu cepat sehingga masing-masing tangkai akan saling berhimpitan. Chistopher merasa penemuan tersebut masih membutuhkan perhatian. 


Gara-gara masalah ini akhirnya pada tahun 1873 seorang ilmuwan bernama E. Remington mencetuskan untuk mengacak huruf keyboard sedemikian rupa sehingga akan memperlambat kinerja mengetik seseorang, dengan tujuan dapat mencegah kerusakan pada mesin ketik.

Pada saat itu hanya cara tersebutlah yang dapat dipakai karena para ilmuwan belum dapat menyempurnakan keyboard seperti sekarang ini. Kombinasi huruf QWERTY tersebut dianggap E.Remingkon adalah kombinasi paling sulit dan memang benar cara tersebut dapat mengurangi tingkat kerusakan mesin ketik pada masa itu.

Ketika komputer ditemukan pun sebenarnya mengetik cepat dengan menggunakan abjad ABCD tentu sebenarnya bukan masalah lagi karena tidak akan membuat keyboard macet. Namun kerena sudah lamanya menggunakan keyboard QWERTY, maka hal ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak perlu diganti ke abjad ABCD lagi.

Demikian Asal Mula Penciptaan Keyboard Dengan Susunan Abjad yang Tidak beraturan.
Semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu para pembaca yang terhormat :)
Sertakan jejak pembaca berupa komentar pada kolom komentar yang telah disediakan. 
Terima Kasih. 
Load disqus comments

11 komentar